Perpisahan Hendra/Ahsan Tutup Peluang Emas Indonesia?

Senin, 3 Oktober 2016 11:34 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Gema Trisna Yudha
© PBSI
Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan Copyright: © PBSI
Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan

Korea Terbuka kali ini menjadi kado pahit perpisahan dua jagoan bulutangkis tanah air Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan. Keduanya gagal melaju setelah dikandaskan oleh pasangan China, Li Junhui/Liu Yuchen, dengan skor 11-21, 16-21. 

Usai laga tersebut, Muhammad Ahsan akan bermain bersama Berry Angriawan, sementara Hendra dipasangkan dengan Rian Agung Saputro. Para pemain muda tersebut pun dinilai memiliki potensi yang cukup besar untuk menjadi bintang.

Akan tetapi, langkah yang diambil Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) untuk memisahkan Hendra/Ahsan harusnya dikaji lebih dalam. Aksi bongkar pasang yang dilakukan PBSI dinilai akan mengganggu target emas yang dicanangkan untuk Asian Games, apalagi Indonesia bertindak sebagai tuan rumah. .

“Kalau Asian games jangan bongkar pasang karena kita butuh emas. Jangan sampai kaya china di olimpiade, mereka coba-coba bongkar pasang tetapi malah jadi prestasi yang jelek,” ujar mantan ratu bulutangkis tanah air, Susy Susanti.

sambung wanita yang pernah meraih medali emas di Olimpiade Barcelona tahun 1992 itu.

Banyak gelar yang diraih Hendra/Ahsan, diantaranya gelar Super Series, hingga menjadi yang terbaik pada Kejuaraan Dunia dalam kurun waktu satu tahun setelah dipasangkan. Mereka juga berhasil mempertahankan gelar di tahun 2013 itu dengan kembali meraihnya pada Kejuaraan Dunia 2015. 

Tak hanya itu, Hendra/Ahsan juga berhasil meraih medali emas saat tampil di ajang Asian Games 2014 di Korea. Saat itu mereka mengalahkan pasangan tuan rumah, Lee Yong Dae/Yoo Yeon-Seong, dengan rubber game 21-16, 17-21, dan 21-15.

Sementara itu duet Hendra/Ryan Agung dan Ahsan/Berry Anggriawan akan memulai petualangannya pada turnamen Denmark Open 2016 dan France Open 2016 yang berlangsung Oktober mendatang.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%